Forum K3 – Tingkat Teratas Dalam K3

Tingkat Teratas Dalam K3, Tingkatan K3

Forum K3| Maaf, para senior Ahli K3.
Saya mau tanya. Tingkat teratas dalam K3 itu apa ya? Soalnya yg saya jumpai. Banyak sertifikat pelatihan.
K3 umum, K3 engenering, K3 migas, K3 ahli muda konstruksi. Etc.
Mohon penjelasanya para senior.

Image may contain: mountain, text, outdoor and nature

Post dari: Syarif Avaible


J: Sudrajat Drajat Gk ada yang teratas mas semua sama yang ada udah berapa kali refresh AK3 nya kalo saya sudah 4 x

JA:

JB:

Bayu MardiawanSatria Marhaendra paling tidak superitendent mas. Klo KTT harus punya sertifikasi POM /POU

J:

Paling tinggi petugas utama.
– Petugas utama k3 migas
– Petugas utama k3 kontruksi
– Petugas utama confined space.
Pada prinsip nya dunia kerja saat ini dimana kita banyak bidang kompetensi yg di kuasai maka akan semakin mudah dalam mencari perusahaan/pekerjaan baru.


Iro Tampubolon Rajaniapul Tidak ada standar baku yg menyatakan mana tingkat lebih tinggi. Itu semua tergantung kebutuhan. Siapa yg akan memakai kita. Jika kita jujur. Ak3 umum saja sudah sngt luas cakupannya. Tapi dunia kerja beda beda permintaannya. Dan yg pasti smkn bnyk sertifikat. Smkn bnyk peluang kita tuk memenuhi permintaan mereka, demikian pendapat saya.


Awank Wawank k3 gk ada yg tertinggi bro… masing” k3 umum,kontruksi,migas,muda,madya sama aja masing” ahlian d.bidang’y dan pastinya 1 tujuan zirooooo Accident…
Urip Supriyatna Ga sama bro ada tingkatan level nya.
Awank Wawank Urip Supriyatna tingakatan/level itu sbuah karir/jabatan K3 ya aa K3 seorang Safety…penegak norma” tntang kselamatan kerja…tergantung dia punya posisi flag man,safety man,safety officer,Safety engginer,Diputy,diputy manager. Masing” punya tugas dan tanggung jawab dgn satu tujuan.
Urip SupriyatnaYa nama nya safety ya bertanggung jawab terhadap keselamatan gt ajah repot
M Hutagalung TangerangYg benar mas ini
Levelnya apapun bidang k3 umum k3 konstruksi K3 Kesehatan dll urutan levelnya muda dan madya
Depnaker atau migas mau merekomendasikan utk posisi safety manager .site manager constructuon manager dan project manager harus punya level madya. Dan paling bagus k3 umum level muda dan madya
Saya hanya punya k3 construction dan K3 khusus geothermal sudah cukup bagi saya karena disiplin saya di konstruksi listrik saja
Terima kasih

Urip Supriyatna Kalau teratas dalam kompetensi itu utama mas. Silahkan browsing kembali jika saya salah.

Novan Harris Bawazier Urip Supriyatna utama ya… Kalau seandainya di dalam tingakatan itu pnya level yg penilaian mengenai jam terbang gimana yach acuan standar menentukan utama atau madya nya
 Julian Juli Novan Harris Bawazier bisa d cek dalam skkni pak
Novan Harris Bawazier Untuk skkni hanya penyampaian tentang standart klasifikasi penentuan utama atau madya berdasrkan jam terbang yg saya bingung perhitungan calculation untuk layak ga layak sesuai jam terbang itu gmna?
Julian Juli Novan Harris Bawazier klo untuk layak atau tidak akan di lakukan uji kompetensi langsung oleh lsp, klo berdasarkan jam terbang akan sangat susah karena tdk ada acuan.

Novan Harris Bawazier Julian Juli iya itu yg saya maksud mas… Soalnya banyak pertanyaan yg sulit dijabarkan di bab itu


Humam Ricky Yamura Menurut Saya yg buat tinggi tingkatnya adalah komitmen antara pemerintah, perusahaan dan pekerja untuk menjalankan, mengawasi regulasi UU, bahkan melakukan penindakan jika ditemukan pelanggaran. Dengan demikian semua aspek pendidikan K3 apapun akan terasa lebih bermanfaat.

Percuma jg kalo punya sertifikat sekaliber OSHA, ISO tapi melempem dalam penerepannya. 🙏🙏🙏 Maaf kalo cara pandang Saya salah…


Urip Supriyatna Kalau menurut saya power di lapangan, sebanyak apapun lisensi kita kalo ga punya power ya susah menerapkan K3.
Yudo SuparnoBagi Fresh Gred tntu bnyak pnyesuian dlpngan mskpn mreka lulusan k3 skalipn dn dtunjng certified 1 baktek bnyakny.Yg sdah pnya Jam trbang bnyak pun klo msuk ke prusahaan yg suppots k3 from managemn krang bgus jga gk bisa perform..

Paul Mhspl Tingkat teratas ilmu safety yang di terapkan adalah Tidak adanya korban jiwa maupun materi selama proses produksi.
Sedangkan sertifikat adalah menunjukkan kopetensi seseorang yang bertujuan untuk melakukan usaha pencegahan kecelakaan terhadap proses yang saat itu, karena setiap proses atau sub-proses punya bahaya yang spesifik yang perlu penanganan spesifik juga.


Don Fento Mau tinggi 1 meter atau dari luar negeri sertifikatnya, ketika bekerja di wilayah Indonesia yang harus dimiliki sertifikat AK3 Umum.
Tapi banyak yg tak punya pengalaman kerja punya sertifikat AK3 Umum.
Coba ditanyakan lagi sama perusahaan yg buka loker buat fresh graduate harus punya AK3 Umum dan PJK3 yg buat training menerima non pengalaman.
Tanya kenapa?…
Alwahid Da’wah Alwahid Da’wah ini juga jadi pertanyaan dalam hal mencari kerja bagi frash graduate pemegang sertifikat AK3. Karena mayoritas perusahaan membuka lowongan dengan spesifikasi harus memiliki pengalaman minimal 2 atau 5 tahun.

Uwais Sajalah iya trllu byk tmpat plthn tp lpngan krja sulit bg yg mereka yg stlh slsai tp tdk px pnglamn


Peris Siallagan Menurut saya; jika semua Pelatihan K3 yg disebutkan diatas ya berarti sudah memenuhi tingkat atas lah itu. Namun perlu di ingat bahwa Ilmu K3 itu tidak pernah tamat / selesai selama kesadaran individu / manusia bahwa keselamatan itu adalah kebutuhan hidup; karena Safety is Morale. Thanks


Devilyandrie ALim Kalau menyimak pertanyaannya arahnya adalah jenjangnkarir dengan jabatan atau posisinya..koreksi apabila salah…klo secara umum bisa digambarkan tidak ada tingkatan tertinggi dalam dunia safety atau K3..karena ilmu K3 atau safety akan terus berkembang mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan…jadi kalau ada yg mengklaim paling tinggi levelnya artinya malah sebaliknya….sertifikat memang kebutuhan karena :
1.trend di negara kita lbh melihat adanya sertifikat
2.sertifikat idealnya adalah bukti seseorang kompetensi krn memiliki nilai legal
3.pengalaman juga hal yg mutlak karena idealnya bekerja itu adalah belajar jd semakin lama harusnya makin menguasai”msh banyak cm mengaku pengalaman”
Dalam risalah HR seseorang dikatakan kompeten adalah memiliki 3 hal : Skill,knowledge,attitude….
Skill=kemampuan/pengalaman, knowledge=pengetahuan bisa dr training2, attitude= sikap atau prilaku….justru yg dinamakan mahluk attitude inilah yg menjadi momok bagi orang2 yg memiliki pengalaman dan sertifikat..krn lbh banyak subyektifnya…saran saya..kembangkan potensi diri masing2 sesuai passion dalam bidang k3…jangan patah semangat hanya karena tidak ada sertifikat..atau merasa lebih baik dari siapapun…tetaplah semangat,dan humble…karena tidak ada itu level tertinggi dalam safety…itu semua hanya label organisasi..jabatan sesaat…berbuatlah karena hati…resapi jiwai dan jalankan karena begitu anda mampu menyelamatkan seseorang maka doanya akan mengalir bagi anda…
Mohon maaf sedikit urun rembug


Tingkatan K3, Forum K3 Via HSE Indonesia

1634 Total Views 8 Views Today

Type U'r Comments | Ketik Komentar Anda

comments

2 Comments

  1. Sekedar pencerahan…. dalam dunia K3 bagi saya…..TOP RANKING ada tiga posisi bagi peniti karir di Dunia K3:

    3. Trainer K3…. jelas orang yang jadi GURU harus mumpuni pengetahuan dan pengalamannya….ingat ini sepasang tidak sekedar tahu saja….tapi berpengalaman sehingga Punya Kompetensi (Knowladge, Attitude, Skill)…untuk di Share…

    2. To Be Continue…

    Reply
  2. yang ke 2. Auditor K3 (SMK3, ISO 45001:2018/OHSAS 18001:2007 + ISO 14001:2015) seorang auditor harus paham betul prosedur dan implementasi serta rules (Peraturan dan perundangan)…sehingga dia dapat membandingkan antara temuan dan standard..

    yang ke 1. HSE System Developer…posisi gak sekedar tau buat SOP tapi bisa ngajar (jadi Trainer) dan juga tau ngecek system yang dibuat apakah efektif melalui audit (Jadi Auditor)…

    Thanks sudah baca….semoga bermanfaat dan menginspirasi

    Reply

Leave a Reply