Polemik Poster “Kucing Adalah Hama”

Polemik Kucing adalah "Hama" , kucing adalah hama, Food safety, keamanan pangan, FSSC 22000 adalah, Penjelasan PT. Diamond Terkait Poster Kucing adalah Hama

FORUM K3 | “Kucing Memang Menggemaskan Tetapi Di Dalam Industri Mereka Adalah Hama”

Sebuah foto yang tersebar di media sosial seperti facebook dan instagram yang bertuliskan kucing adalah hama membuat para neitizen khususnya cat lovers menjadi geram , foto tersebut di ambil dari sebuah pabrik oleh seseorang yang belum di ketahui , foto tersebut menyebar dengan cepat di media sosial , namun di ketahui foto tersebut adalah milik dari Pt Diamond , yang seperti kita ketahui Pt Diamond adalah salah satu pembuat ice cream , keju yang cukup dikenal oleh masyarakat indonesia.

Sontak beberapa neitizen yang ikut geram khususnya cat lovers berkata mereka tidak akan lagi membeli produk produk dari PT Diamond.

Sebuah akun facebook dengan nama Annie Widjaja juga menyampaikan surat kepada PT Diamond lewat akun facebooknya ;

ab2

Kepada,
Yth. Direktur PT. Diamond
Di Tempat

Dengan hormat,
Menindak lanjuti tentang papan peringatan yg berada di perusahaan anda
dan sudah tersebar luas di dunia maya yg berisi pernyataan bahwa kucing
adalah hama bagi perusahaan makanan maka kami dengan ini MENOLAK pernyataan tersebut.
Adapun alasan penolakan kami adalah :
1. Sebab kami memandang bahwa pernyataan tersebut menyesatkan pemahaman
masyarakat sehingga kami kawatir hal itu akan menjadi doktrin bahwa kucing adalah hama yang seketika harus dieliminasi.
2. Bahwa kalimat dalam papan peringatan tersebut bisa memprovokasi banyak orang untuk dengan semena-mena menyakiti dan / atau bahkan membunuh kucing.
3. Bahwa walau Badan Pengawasan Obat dan Makanan memang menyarankan untuk menjauhkan kucing , anjing satwa lain dari ruang produksi makanan, namun semestinya pihak perusahaan bisa lebih arif dalam melakukan pengamanan proses produksi makanan.
4. Bahwa seharusnya pihak perusahaan lebih menghargai hak hidup satwa dan menyadari bahwa satwa adalah penyokong hidup manusia di dunia.
5. Bahwa tindakan pengusiran kucing atau satwa lain dari daerah produksi makanan sebaiknya dilakukan dengan cara yang baik dan tidak melanggar Undang Undang mengenai Kesejahteraan Satwa.
6. Bahwa saat ini masyarakat sudah lebih memahami dan mendukung segala tindakan untuk menyelamatkan dan mensejahteraan satwa, jangan sampai karena peringatan yang tidak memuat informasi lengkap tersebut akan membuat kami dari kalangan masyarakat peduli satwa mulai menghindari konsumsi dan / atau membeli produk – produk perusahaan saudara. Hal tersebut kami lakukan karena kami tidak akan pernah mensupoort perusahaan apapun dimanapun yang melakukan tindakan kekejaman terhadap satwa.
Kami sebagai pemerhati kehidupan satwa khususnya satwa terdomestikasi meminta perusahaan utk memperbaiki kalimat pada papan peringatan tersebut menjadi
lebih halus dan tidak mendiskreditkan satwa sebagai subyek yg buruk.
Demikian surat keberatan kami, mohon kiranya bisa di tanggapi dengan bijaksana.
Hormat menghormati sesama makhluk ciptaan Tuhan akan sangat membahagiakan kehidupan.
Terima kasih

Surabaya, 30 April 2016

Annie Widjaja

Silahkan copas & share Serta bubuhkan Nama kalian masing-masing.

13095904_1347575261925766_6779202317228573932_n

Namun di sisi lain ternyata ada sebuah penjelasan dari akun facebook dengan nama Takumi kent yang membalas share on facebook Eva Canny .

nyumbang pendapat aja tentang poster tsb.
Sebagai auditor food safety
memang benar kucing tidak boleh ada di area factory,
karena berpotensi kontaminan ke produk nya.
salah satu cara mencegah kucing ke area factory adalah dengan tidak memberi makan kucing yg ada di sekitar situ (tujuanya agar tidak terbiasa datang ke situ)
memasang perangkap kucing (di tempat kerjaku juga ada) > dgn syarat kucing yg tertangkap tetap di beri makan, tidak boleh di siksa > kucing yg tertangkap akan diserahkan ke petugas pest control untuk di buang jauh2 dari factory(biasanya di buang diperkampungan).
perusahaan 2 yg sudah menerapkan standard food safety (ISO 22000, FSSC dll ) pasti menerapkan tidak boleh ada kucing di area factory nya.
ini bisa jadi major finding bila ada external audit food safety, & mohon bagi cat lover jangn buruk sangka (dgn mendoakan bangkrut bla bla bla)

Dan penjelasan lain pun diberikan agar para pembaca mengerti terkait poster tersebut, penjelasan diberikan oleh.

Vinta Yar Perlu Anda ketahui :

  • 1. Semua pabrik makanan / minuman yang produknya berkualitas harus memenuhi standard HACCP or GMP.
  • 2. Semua prosesnya harus di awasi dan dipastikan steril dari Nol sampai 100%, mulai bahan baku di terima, di proses, di kemas, di distribusikan, hingga sampai di tangan customer.
  • 3. Bulu kucing, tai kucing dll membawa virus, salmonella dll…
  • 4. Ketika kucing masuk ke pabrik, apalagi sampai kedalam area proses dan buang kotoran disana itu merupakan bencana bagi perusahaan tersebut, karena di mungkinkan produk makanannya akan terkontaminasi.
  • 5. Kenapa kucing di kategorikan HAMA ? –> Karena alasan di atas. (HAMA tidak harus di bunuh atau di basmi, tapi di kendalikan)
  • 6. Kenapa DILARANG MEMBERI MAKAN ? –> Agar tidak menjadi kebiasaan kucing mencari makan di area Pabrik
  • 7. Kenapa DILARANG MELEPAS yg TERTANGKAP ? –> Kucing memiliki sifat jera, dia tidak akan bisa ter perangkap lagi di tmpat yang sama, tentu hal ini akan sangat menyulitkan bagi management perusahaan untuk menangkap dan memastikan produknya steril.
  • 8. Kenapa yang di TANGKAP harus di LAPORKAN ? –> Agar segera di amankan, di ambil orang yg ber wenang untuk di taruh di penangkaran kucing, dilepas di perkampungan yg jauh dri area pabrik,di lepas di pasar, atau dikembalikan ke pemiliknya bila diketahui pemiliknya, dan pemilik tersebut di beri pengertian agar merawat kucingnya dg baik tidak sampai di lepas liarkan.
  • 9. Semua hal di atas untuk menjaga makanan agar layak dan sehat untuk di konsumsi manusia.
  • 10. Pabrik yg kedapatan ditemukan kucing di dalam area proses tidak akan lolos audit.
  • 11. Pabrik yg tidak lolos audit HACCP or GMP artinya produk yg di jual tidak terjamin kesehatannya. 

Sumber lain menyatakan

Food Safety Sistem manajemen keamanan pangan Pelatihan P3E Surabaya Surabaya 4-6 Juli 2011 Apakah yang dimaksud dengan food safety ?

Food safety atau keamanan pangan adalah suatu ilmu yang membahas tentang cara penanganan, persiapan, dan penyimpanan makanan utk mencegah penyakit yg disebabkan oleh makanan Dikenal Lima Prinsip Inti (Five key principles) dari food safety/hygiene menurut WH salah satunya.

Mencegah pencemaran makanan oleh kuman berbahaya yang berasal dari manusia, hewan, dan binatang lainnya

Selengkapnya dapat dilihat ( di sini )

Sumber lainnya tentang FSSC 22000

Apa itu FSSC 22000 ?

FSSC 22000 adalah Skema Sertifikasi untuk pabrik pengolahan makanan dan produsen kemasan makanan. Perusahaan yang ingin menerapkan FSSC 22000 harus merancang, mendokumentasikan dan menerapkan sistem manajemen keamanan pangan berdasarkan persyaratan ISO 22000 yang dikombinasikan dengan persyaratan spesifikasi teknis ISO/TS 22000-1 untuk mencapai sertifikasi.

FSSC 22000 saat ini mulai populer dan berkembang pesat sebagai persyaratan sertifikasi sistem keamanan pangan dalam rangka mencegah kontaminasi produk dan munculnya penarikan produk yang berakibat pada kerugian yang cukup besar bagi konsumen dan perusahaan pengolah makanan.

FSSC 22000 merupakan standar yang dikembangkan atas prakarsa dari Global Food Safety Initiative (GFSI) yang merupakan divisi dari Forum Konsumen Produk dan kolaborasi para pengecer, produsen dan perusahaan jasa makanan yang telah bekerja untuk mlakukan harmonisasi terhadap standar keamanan pangan.

Penerapan standar FSSC 22000 antara lain mencakup untuk produk-produk :

  1. Produk-produk hewani, tidak termasuk proses pemotongan hewan (yaitu daging, unggas, telur, dan produk ikan)
  2. Produk sayur dan buah (buah-buahan segar dan jus segar yaitu, buah diawetkan, sayuran segar, sayuran  yang diawetkan)
  3. Produk untuk penggunaan jangka panjang dan pada suhu kamar (produk makanan kaleng yaitu, biskuit, makanan ringan, minyak, air minum, minuman, pasta, tepung, gula, garam)
  4. Produk (bio) kimia untuk pembuatan makanan, termasuk teknis dan teknologinya (yaitu vitamin dan aditif)

Sekarang yang sering menjadi pertanyaan adalah : Implementasi ISO 22000 atau FSSC 2200 untuk perusahaan anda ?

Keputusannya adalah akan tergantung atau dipengaruhi oleh siapa pasar (konsumen) anda dan apa produk perusahaan anda. Jika perusahaan anda bukan perusahaan/ produsen makanan,maka ISO 22000 dapat dipertimbangkan menjadi standar  yang diterapkan.Namun jika perusahan anda adalah perusahaan/produsen makanan, pilihan anda akan didorong oleh apa yang pelanggan anda cari.Untuk

Serusahaan yang sudah menerapkan ISO 22000,bila ingin menerapkan FSSC 22000 hanya membutuhkan validasi sertifikasi ISO 22000 dan review tambahan ISO/TS 22000-1 dan disertifikasi oleh pihak registrar yang terakreditasi.

( Sumber FSSC 22000 )


TANGGAPAN RESMI PIHAK PERUSAHAAN

Tanggapan Resmi dari PT DIAMOND atas poster kucing beberapa hari yang lalu , sempat ramai di media sosial akibat poster bertuliskan kucing adalah hama , cukup membuat para cat lovers bertanya tanya , namun bagi PT Diamond itu adalah untuk intern lingkungan pabrik saja ( prosedur dalam industri ) , bukan untuk khalayak umum , bisa dimengerti bahwa pabrik makanan sejatinnya memang harus steril dari segala bentuk apapun yang dapat membuat pengolahan makanan tersebut tercemar karena tidak steril . Dalam penanganan hama di pabriknya , PT DIAMOND sebenarnya menggandeng Terminix Indonesia untuk membantu mensterilkan lingkungan sekitar pabrik .

Dalam peraturan larangan tersebut terdapat hewan liar di lingkungan industri itu berdasarkan atas Peraturan Menteri Perindustrian dan Perdagangan No. 75 Tahun 2010 serta standard ISO 22000.

Tujuannya semata-mata :
1.Untuk kebersihan lingkungan (jangan sampai produk terkontaminasi bulu binatang apalagi kotoran binatang)
2.Untuk keamanan lingkungan industri (1 ekor kucing masuk ke dalam mesin pabrik bisa membahayakan seluruh pabrik berikut dengan para pegawainya)
3.Kucing yang masuk perangkap akan DIBEBASKAN oleh pihak pabrik di luar wilayah industri, bukan disakiti apalagi dibunuh.
4.Diamond akan merevisi poster tersebut apabila dianggap menyinggung perasaan masyarakat (khususnya pada kata “HAMA”)

Syahrefi Amirza yang mengirimi email langsung ke PT diamond , mendapat tanggapan secara resmi atas kejadian tersebut dan di postkan ke halaman facebooknya .

kucing adalah hama, Food safety, keamanan pangan, FSSC 22000 adalah, Penjelasan PT. Diamond Terkait Poster Kucing adalah Hama

kucing adalah hama, Food safety, keamanan pangan, FSSC 22000 adalah, Penjelasan PT. Diamond Terkait Poster Kucing adalah Hama

Menurut Kelinci Pakde dalam salah satu komentar di akun facebook Dengan adanya klarifikasi resmi perusahaan tersebut terkait POSTER KUCING ada beberapa catatan2 penting yg bisa diambil :

1. perusahaan mengakui bahwa benar poster tersebut ada dan dibuat untuk keperluan internal perusahaan (Dapat kami jelaskan, poster tersebut dipasang dalam lingkungan internal perusahaan).
2. Perusahaan jg memahami bahwa yg menjadi perhatian utama teman2 CL dan AL adalah REDAKSIONAL DARI POSTER tsb. (terima kasih kepada para pelanggan setia yang telah turut memberikan ide serta memberikan masukan kepada kami untuk MERUBAH REDAKSIONAL POSTER). Jadi sdh terkonfirmasi bahwa masalahnya terletak pada pemilihan kalimat2 yg dipergunakan dalam poster bukan soal pelarangan.
3. Acuan yg dipergunakan antara lain adalah Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 75/M-IND/PER/7/2010 mengenai CPPOB (Good Manufacturing Practices) Lampiran angka 18 huruf e poin 2d dimana isinya tidak berbeda jauh dengan peraturan dari BPOM menyangkut masalah pengendalian hama dlm industri pangan.
4. Masalah pengendalian hama di perusahaan ditangani perusahaan jasa yg sudah berkompeten dibidangnya.
5. Perusahaan jg terbuka untuk memberikan informasi lebih lanjut dan mengundang untuk datang dan melihat program kerja mereka.

Kesimpulannya
Adanya tanggapan positif dari perusahaan perlu diapresiasi oleh semua pihak. Apa yg menjadi keinginan teman2 semua sy rasa telah dipahami dengan baik oleh pihak managemen….mengenai apakah perusahaan akan mengganti atau tidak redaksional poster tersebut itu adalah hak perusahaan sepenuhnya yg harus kita hormati karena menyangkut urusan internal mereka. Sebaliknya apapun pandangan masyarakat terkait isi dari poster yg telah terlanjur beredar di Medsos (selama tidak anarkis dan masih dalam norma2 yg berlaku secara umum) tentunya merupakan hak pribadi masing2 individu yg harus dihargai jg.

Sumber GOIFFC


TANGGAPAN DARI REKAN-REKAN HSE INDONESIA DI FACEBOOK.

Filipus Nainggolan Apa yg kurang jelas memangnya ? Suka hewan silakan tapi akal sehat jangan ditinggal. Ttg food hygiene related industri makanan, kepala manusia aja mesti dibungkus untuk mencegah rambut jatuh ke produk, apalagi bulu kucing penyebab toxoplasma n cacat janin di ibu hamil. N gimana kalau masuk ke mesin waktu produksi, di power plant bahkan ada sayembara tangkap kucing waktu mau first firing atau commisioning.

Budhi Setiyawan Ngak ada yg salah dgn Rambu diatas harus dibedakan antara rambu di daerah kerja sama lingkungan terlebih mengkaitkan dgn agama susah ngak bakalan ketemu. Spt yg disampaikan lay Filipus Nainggolan diatas lihat dari history perusahaannya yg mengutamakankebersihan dan kontaminasi dari binatang tsb. memang mau pelanggan beli produk yg sudah terkontaminasi? emang mau ata ada perusahaan di tuntut ke pengadulan gara2 produk nya terkontaminasi? jgn dibilang ngak berperikemanusian dan tdk “menghewankan” tp lbh ke essensi tujuan dibuat rambu tsb dan area berlakunya kan tdk semua tempat saya sangat sangat yakin rambu tsb tdk berlaku di luar pagar perusahaan artinya hanya area tertentu itulah fungsi dari rambu.

Hendrie Dherie Kalimat pertama diatas sah-sah saja karena jelas cakupan nya.
Hanya saja mungkin kalimat di bawah yg umum. Sehingga ada kesalahpahaman dlm mengartikan makna nya. Ada baik nya perjelas khusus area Perusahaan.

Karena benar hygiene lah yg menjadi modal bagi food industri utk bersaing dan terus mmberikan yg terbaik bagi konsumen.
Semangat .. salam semangat buat HSE Diamond ???


Anda mempunyai tanggapan/masukan lain terkait berita ini, silahkan tulis di kolom komentar.

5336 Total Views 12 Views Today

Type U'r Comments | Ketik Komentar Anda

comments

468 ad

Leave a Reply

error: Content is protected !!