Perbedaan Safety Man Dan Safety Officer – Forum K3

pengertian safety man, tugas safety man, gaji safety man, tugas safety officer, cara menjadi hse officer, tugas safety officer tambang, job desk safety man,

Perbedaan Safety Man Dan Safety Officer – Forum K3 HSE Indonesia facebook, copyright photo: http://www.pgn.co.id

#ASK | Mohon penjelasan kepada semua teman-teman,, senior para Ahli K3, Saya mau tanya perbedaan Safetyman dan Safety Officer itu apasih? Dan untuk jobs desc masing2 gimana? Mohon pnjelasannya.


J:

Eerico Guterez
Eerico Guterez Ribetnya safetyman iku rekan dr safety officer yg di tugaskan dilapangkan sebagai pengawas langsung 😁

J: Mungkin sedikit bisa membantu. Untuk safety man dari segi job deskripsi lebih untuk diperbantukan dalam pengawasan dilapangan. Seperti mengingatkan pekerja yang tidak menggunakan APD. Biasanya safety man “tidak diwajibkan” Mengurus dokumen (tidak semua perusahaan ya).
Kalau untuk safety officer sudah pasti harus mengerti basic safety lebih baik. Dari segi dokumen, regulasi, dan pelatihan lainnya. Dokumen itu banyak sekali. Harus mengerti standar juga seperti ISO, OHSAS, NFPA, ANZI, SMK3, dsb. #cmiiw
Dida Pratama
Dida Pratama  – Safety Officer (HSE) at PT Wokatuba Indonesia.

J: Safetyman itu istilah untuk menyebut orang yang profesinya sebagai Safety, sama seperti Seaman bagi Pelaut, Fisherman : Nelayan, Fireman : Petugas DAMKAR.
Safety Officer itu jabatan struktural dalam organisasi HSE disebuah perusahaan.
Safety Officer, Safety Inspector, Safety Supervisor, Safety Manager, Safety Advisor itu semua Safetyman.
Sama seperti, Kapten Kapal, Kelasi I, II, Mualim, Juru Mudi, Bosun, dlllnya,, itu semua Seaman.
Hendra

Hendra – Project SHE Supervisor . Toll Road Bal-Sam Section V Project at PT PP – Persero Tbk


J: Safety man era taun 90 an adalah jawaranya saat proyek migas rame2 nya di kalimantan timur belom kenal dg SO taun 2000 an saat indonesia giat membangun insfrastruktur mulailah ada istilah SO karna orang2 SI D3 mulai melirik posisi2 HSE dan job des nya sebagai SO dan terbaliklah sekarang-sekarang Posisi Safety Man di buat job desk nya 85 % field 15 % office kesiapa daily report di serahkan ya ke SO yg katanya ahli dalam hal dc.
Sudrajat Drajat

Sudrajat Drajat –


J: Safetyman petuagas K3 dilapangan pekerjaan nya kontrol lapangan dan membetitahun dan koreksi atas pelanggaran pekerja dilapangan.
Safety Officer adalah perwira Safety yang mempjunyai anak buah Safetyman yang pasti lebih pintar dan berpengalam bidang Safety dibanding dgn seorang Safety Man.
Tahun 1975 saya lulusan Training Safety Inspector Pertamina Simpruk jakarta dan ditugaskam sebagai seorang Safety inspector di Pertamina Arun LNG project di Aceh Utara pada th 1981 sd 1984 saya dinas di perluasan kilang Balikpapan pada waktu Departemen dinamakan Fire and Safety, ganti menjadi FS LL ganti lagi jadi K3LL dan menjadi HSE terakhir di Pertamina menjadi HSSE sampai sekarang HSSE adalah Health Safety Security Environment.
Structur orgnisasi adalah HSSE Manager, Safety Superintendent, Health Engineer, Safety Engineer ,Environment Engineer,Safety Officer dan Safetyman Fireman dan menurut kebutuhan lapangan.
Eddy Siswanto
Eddy Siswanto – Senior HSSE Coordinator at PT. Pertamina EP

Nah, kalo Grup kayak Gini.. Joinnya Mantap_ Dapat İlmu banyak…tidak banyak nyebar berita hal2 aneh… Jd Super junior kek saya bisa dpt İlmu baru.
E Khaa

E Khaa – Studied state Major Of HSE Major Academic at STIK MAKASSAR


Yudi Asmanto
Yudi AsmantoSafetyman bertanggung jawab dilapangan untuk Monitoring keselamatan pekerja…. Sedangkan safety Officer akan memantau repot dari safetyman, semua document dan memiliki pengetahuan yang lebih dari safetyman… By HSE PT. Modern


Collin Worotikan
Kalau menurut saya ngk ada bedanya pak..
Safety officer atau Safety man..
Ada lg untuk di kontruksi “Safety patrol”

Tergantung dari perusahaannya lg pak..
Struktur K3 nya gmn..


Kiswanto Aufar
Sebetulnya gk banyak perbedaan sih, kadang safety officer juga di lapangan. Cuma safety officer juga bertanggung jawab masalah administrasi dan dokumen


Sebenarnya secara struktur organisasi K3 tentang jabatan safetyman dan safety officer tidak terlalu baku tergantung dari kebijakan perusahaan. Ada perusahaan yg memberi nama jabatan seorang praktisi K3 sebagai safetyman atau safety officer. Untuk job desc juga tergantung dari kebijakan atau aturan yg ditetapkan oleh masing” perusahaan. Ada perusahaan yg memiliki departmen K3/HSE tetapi hanya di isi satu orang safety officer yg berperan sebagai praktisi K3 untuk segala macam bidang didalam perusahaan.

Chairil Anwar – HSE-MS Advisor Professional



  Apabila ada tambahan lagi dari rekan-rekan, silahkan tuliskan di kolom komentar.

226 Total Views 2 Views Today

Type U'r Comments | Ketik Komentar Anda

comments

468 ad

Leave a Reply

error: Content is protected !!