Pelatihan Ahli K3

Pelatihan Ahli K3

Pelatihan Ahli K3 BNSPPelatihan Ahli K3 | Pendahuluan | Siapa sih yang mau celaka? Tentunya tidak ada seorang pun yang mau celaka. Tetapi resiko kecelakaan bisa terjadi kapan saja dan dimana saja termasuk di linkungan tempat kerja. Nah, Keselamatan dan Kesehatan Kerja yg sering disingkat K3 adalah salah satu peraturan pemerintah yang menjamin keselamatan dan kesehatan kita dalam bekerja. Jadi, tidak ada salahnya kita mempelajari lebih jauh mengenai K3. ( Ahli K3 )
Apa itu Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)?Keselamatan dan Kesehatan Kerja adalah suatu kondisi dalam pekerjaan yang sehat dan aman baik itu bagi pekerjaannya, perusahaan maupun bagi masyarakat dan lingkungan sekitar pabrik atau tempat kerja tersebut. Keselamatan dan kesehatan kerja juga merupakan suatu usaha untuk mencegah setiap perbuatan atau kondisi tidak selamat, yang dapat mengakibatkan kecelakaan. Apa di Indonesia, ada Undang-Undang yang mengatur mengenai K3? Jawabannya ada ( Ahli K3 ).  Undang-Undang yang mengatur K3 adalah sebagai berikut :

  • Undang-undang No. 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja

Undang-Undang ini mengatur dengan jelas tentang kewajiban pimpinan tempat kerja dan pekerja dalam melaksanakan keselamatan kerja.

  • Undang-undang nomor 23 tahun 1992 tentang Kesehatan.

( Ahli K3 )Undang- Undang ini menyatakan bahwa secara khusus perusahaan berkewajiban memeriksakan kesehatan badan, kondisi mental dan kemampuan fisik pekerja yang baru maupun yang akan dipindahkan ke tempat kerja baru, sesuai dengan sifat-sifat pekerjaan yang diberikan kepada pekerja, serta pemeriksaan kesehatan secara berkala. Sebaliknya para pekerja juga berkewajiban memakai alat pelindung diri (APD) dengan tepat dan benar serta mematuhi semua syarat keselamatan dan kesehatan kerja yang diwajibkan.  Undang-undang nomor 23 tahun 1992, pasal 23 Tentang Kesehatan Kerja juga menekankan pentingnya kesehatan kerja agar setiap pekerja dapat bekerja secara sehat tanpa membahayakan diri sendiri dan masyarakat sekelilingnya hingga diperoleh produktifitas kerja yang optimal. Karena itu, kesehatan kerja meliputi pelayanan kesehatan kerja, pencegahan penyakit akibat kerja dan syarat kesehatan kerja. ( Ahli K3 )

  • Undang-undang No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan

Undang-Undang ini mengatur mengenai segala hal yang berhubungan dengan ketenagakerjaan mulai dari upah kerja, jam kerja, hak maternal, cuti sampi dengan keselamatan dan kesehatan kerja.

( Ahli K3 ) Sebagai penjabaran dan kelengkapan Undang-undang tersebut, Pemerintah juga mengeluarkan Peraturan Pemerintah (PP) dan Keputusan Presiden terkait penyelenggaraan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), diantaranya adalah :

  • Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 11 Tahun 1979 tentang Keselamatan Kerja Pada Pemurnian dan Pengolahan Minyak dan Gas Bumi
  • Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1973 tentang Pengawasan Atas Peredaran, Penyimpanan dan Penggunaan Pestisida
  • Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 1973 tentang Pengaturan dan Pengawasan Keselamatan Kerja di Bidang Pertambangan
  • Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 1993 tentang Penyakit Yang Timbul Akibat Hubungan Kerja

Berikut macam-macam Training Ahli K3 yang dimaksud:

I. PELATIHAN AHLI K3 UMUM

Training Ahli K3 Umum | Pelatihan ahli K3 umumPelatihan Ahli K3 Umum merupakan bentuk seleksi atau penilaian khusus bagi seseorang atau tenaga teknis tertentu yang pernah mengikuti kursus petugas K3 (safety officer) atau kursus instruktur K3 yang berminat menjadi ahli K3 sebagaimana di maksud dalam UU 1 tahun 1970 dan peraturan pelaksananya. Dimana waktu pelaksanaan Training Ahli K3 Umum tersebut sekurang-kurangnya dalam 120 jam pelajaran atau selama 12 hari efektif.

TUJUAN PELATIHAN AHLI K3 UMUM

  • Setelah selesai mengikuti pelatihan ahli k3 umum dan lulus ujian, peserta akan mampu melaksanakan pembinaan operasional K3 di perusahaan dan mampu melaksanakan tugas serta tanggung jawab sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku
  • Untuk mendapatkan sertifikat sebagai Ahli K3 Level Muda/ Umum dari Depnakertrans di perusahaan yang bersangkutan.

Lengkapnya klik disini.

 

II. PELATIHAN AHLI K3 KONSTRUKSI

Training Ahli K3 Konstruksi KEMENAKERTRANS | Pelatihan Ahli K3 KonstruksiPelatihan Ahli K3 Konstruksi | Angka kecelakaan kerja di sektor konstruksi di dunia pada umumnya lebih tinggi dari angka kecelakaan di sektor lainnya seperti sektor manufaktur maupun industri. Tingginya angka kecelakaan kontruksi bersumber dari berbagai faktor. Beberapa faktor yang mempengaruhi antara lain pekerjaan yang beresiko tinggi, rendah dan kurangnya tenaga ahli K3 konstruksi,serta rendahnya komitmen pengusaha.

{ Pelatihan Ahli K3 Konstruksi } untuk menanggulangi kecelakanaan kerja di bidang jasa konstruksi, telah di tetapkan oleh peraturan tersebut bahwa setiap proyek Konstruksi bangunan yang :

  • Memperkerjakan tenaga lebih dari 100 orang atau menyelenggarakan proyek lebih dari 6 (enam) bulan Wajib Memiliki minimal 1 (satu) orang Ahli Utama K3 Kontruksi, 1 (satu) orang Ahli Madya K3 Konstruksi dan 2 (dua) orang Ahli Muda K3 Kontruksi.
  • Memperkerjakan tenaga kurang dari 100 orang atau menyelenggarakan proyek kurang dari 6 (enam) bulan Wajib Memiliki minimal 1 (satu) orang Ahli Madya K3 Konstruksi dan1 (satu) orang Ahli Muda K3 Konstruksi.
  • Memperkerjakan tenaga kurang dari 25 orang atau menyelenggarakan proyek kurang dari 3 (tiga) bulan adalah wajib memiliki 1 (satu) orang Ahli Muda K3 Konstruksi.

Tujuan Pelatihan Muda K3 Konstruksi
{Ahli K3 Konstruksi} Untuk membekali dan meningkatkan kemampuan peserta dengan pengetahuan yang mendalaman pemahaman yang benar mengenai SMK3 (OHSMS) berdasarkan OHSAS 18001:2007 Standard untuk mencapai tujuan organisasi mengenai Keselamatan dan Kesehatan kerja.

Lengkapnya klik disini.

III. PELATIHAN AHLI K3 LISTRIK

Pelatihan Ahli K3 Listrik  | Training Ahli K3 ListrikPelatihan Ahli K3 Listrik | Sejalan dengan kebijakan pemerintah dengan diterapkannya Permenaker No. 4 tahun 1987 tentang Panitia Pembina Kesehatan dan Keselamatan Kerja (P2K3), UU No.13 Tahun 2003 tentang penyelenggaraan Sistem Manajemen K3 (SMK3) dan khususnya peraturan yang berkaitan dengan bidang kelistrikan seperti KepMenaker No. Kep-75/ MEN/2002 tentang pemberlakuan PUIL 2000 dan Permenaker No. Per.01/MEN/1989 tentang pengawasan Instalasi Penyalur Petir,  Tersedianya Ahli K3 Listrik di perusahaan diharapkan mampu mengawasi pelaksanaan peraturan perundangan K3 di Real Jaya Property dan mampu memberikan peran optimal dalam organisasi perusahaan dalam mengendalikan resiko kecelakaan kerja.

TUJUAN PELATIHAN AHLI K3 LISTRIK
Pelatihan ini didesain untuk mempersiapkan dan menghasilkan tenaga Ahli K3 Listrik yang dapat melakukan identifikasi, evaluasi, dan pengendalian resiko dalam pelaksanaan K3 Listrik:

  • Mempersiapkan tenaga pelaksana yang mampu melaksanakan K3 Listrik di tempat kerja
  • Mempersiapkan dan menghasilkan tenaga pelaksana yang mampu menjelaskan teknik pencegahan dan penanggulangan kecelakaan kerja, khususnya yang terkait dengan pekerjaan listrik.

Selengkapnya klik disini.

IV. PELATIHAN AHLI K3 KIMIA

Pelatihan Ahli K3 Kimia | Training Ahli K3 Kimia KEMENAKERTRANSPelatihan Ahli K3 Kimia: Untuk mencegah kecelakaan dan penyakit akibat kerja dan menanggulangi akibat dari penggunaan bahan kimia yang tidak terkendali maka diterbitkan Keputusan Menteri Tenaga Kerja Nomor : Kep.187/MEN/1999 tentang pengendalian bahan kimia berbahaya di tempat kerja. Untuk dapat ditunjuk menjadi petugas K3 Kimia, peserta harus mengikuti Diklat Petugas K3 Kimia yang diselenggarakan oleh Perusahaan Jasa K3 (PJK3) sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor: PER.04/Men/1995.

 

DASAR HUKUM

  • Undang-Undang No.1 tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja.
  • Undang-Undang No. 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.
  • Keputusan Menteri Tenaga Kerja Nomor : Kep.187/Men/1999 tentang Pengendalian Bahan Kimia.
  • Per.04/Men/1995 tentang Perusahaan Jasa Keselamatan dan Kesehatan Kerja (PJK3).

TUJUAN PELATIHAN AHLI K3 KIMIA

PETUGAS KIMIA

Setelah mengikuti pelatihan, peserta diharapkan mempunyai kemampuan sebagai berikut:

  • Melakukan identifikasi bahaya.
  • Melaksanakan prosedur kerja yang aman.
  • Melaksanakan prosedur penanggulangan keadaan darurat.
  • Mengembangkan pengetahuan dibidang K3 Kimia.

AHLI K3 KIMIA

  • Peraturan perundangan K3 Kimia dan Lingkungan
  • Identifikasi, evaluasi dan pengendalian bahaya potensial dalam menyimpan, mengangkut dan menggunakan bahan kimia berbahaya.
  • Cara kerja yang aman dalam menangani bahan kimia berbahaya, akibat yang ditimbulkan oleh kecelakaan pada industri kimia dan upaya untuk menanggulanginya.
  • Metode pengukuran bahan lingkungan kerja dan cara pengendaliannya.

V. PELATIHAN AHLI K3 MIGAS

K3 MIGAS | Pelatihan Ahli K3 MIGAS | Pelatihan K3 MIGAS BNSPPelatihan Ahli K3 MIGAS | Dalam Era pasar bebas, persaingan di sektor MIGAS akan semakin ketat. Oleh karena itu, Pelatihan Ahli K3 MIGAS sangat diperlukan, terutama tenaga ahli professional/ K3 MIGAS Supervisor atau Operator yang dapat memenuhi kualifikasi nasional dan internasional. Dalam bidang K3 terutama K3 MIGAS telah diberlakukan SNI 13-6562-2001 tentang Kompetensi Kerja Tenaga Teknik Khusus Migas Bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Untuk melaksanakan program sertifikasi tersebut, Dirjen Migas melalui SK Dirjen Migas No.01K/60.05/DJM/2003 telah membetuk Lembaga Sertifikasi Kompetensi Personil Tenaga Khusus Migas (LSK Khusus Migas). Untuk mendukung program tersebut dan membantu meningkatkan profesionalisme para ahli K3 di lingkungan MIGAS atau dengan mengikuti Pelatihan K3 MIGAS, Lembaga Sertifikasi Profesi Migas (LSP Migas) bekerjasama dengan HSE Center Indonesia Group selaku penyelenggara dan Pelaksana Uji Komptensi yang ditunjuk secara resmi oleh LSP Migas akan menyelenggarakan jasa Pelatihan K3 MIGAS  khususnya Pelatihan dan Sertifikasi Ahli K3 Migas Level Pengawas dan Operator.

Selengkapnya klik disini

tags: pelatihan ahli k3, pelatihan ahli k3 umum, pelatihan ahli k3 konstruksi, pelatihan ahli k3 listrik, pelatihan ahli k3 umum 2013, pelatihan ahli k3 listrik, pelatihan ahli k3 kimia, training ahli k3, pelatihan ahli k3 umum 2010, jadwal pelatihan ahli k3 umum, ahli k3 listrik, ahli k3 kimia, 

4237 Total Views 1 Views Today

Type U'r Comments | Ketik Komentar Anda

comments

468 ad

Leave a Reply

error: Content is protected !!