HSE Mining Wajib Punya POP ?

Pelatihan POP, Training POP, Pembekalan Pengawas Operasional Pertama (POP), Training Pengawas Operasional Pertama POP Pertambangan, K3 Pertambangan, AK3 Pertambangan, Ahli K3 Pertambangan

Pelatihan POP, Training POP, Pembekalan Pengawas Operasional Pertama (POP), Training Pengawas Operasional Pertama POP Pertambangan, K3 Pertambangan, AK3 Pertambangan, Ahli K3 Pertambangan

Mario Andrean Nurhadi Wicaksana HSE/Safety at PT muara Bukit Billiton and Member at Emeregency Medical Service

Selamat malam para suhu ..
Ijin bertanya pak jika kita sebagai hse di mining apakh kita wajib mempunyai pop?.
Apakah kita termasuk pengawas .
Jika benar ? Apakah ada kepmen yg ngatur hal tsb ? Mohon pencerahanya para seniors


Tidak harus mas,, kalau mau ikut lebih bagus. Sekarang minerba mengeluarkan Diklat Pengelolaan K3 Pertambangan khusus buat praktisi K3 (semacam AK3 buat Pertambangan).

Mas Mario Andrean Nurhadi Wicaksana coba dech daftar POP pertambangan dari Minerba dengan mencantumkan background pengalaman sebagai HSE, atau hal hal yang berkaitan dengan Safety bakalan ngak diterima kenapa? soalnya tujuan dari POP adalah untuk memberi pengetahuan lebih dan kompetensi lini depan lapangan sedangkan di kepmen 555K tugas hse lebih simpel lagi mas(Pasal 24) dan yang bertanggung jawab terhadap keselamatan pekerja di wilayah tambang adalah Pengawas Operasional dan pengawas tehnik (Mengacu pasal 11, 12, dan 13) kalau di jabarkan lumayan panjang browsing aja mas Mario Andrean Nurhadi Wicaksana dan benar apa yang disampaikan mas Wawan Gopal sejak tahun 2015 Minerba sudah mengadakan diklat khusus tentang AK3 Pertambangan cuma saya juga belum paham apakah sudah resmi spt ak3 umum atau hanya sekedar diklat dan juga mulai thn ini juga sudah mulai sosialisasi SMK3L khusus pertambangan cuma file file saya hilang untuk yang ini mungkin temen yang lain bisa bantu jawab.

SALAM K3.


Masih berupa diklat, beberapa kali dilaksanakan di PTMB Bandung. Jadi belum menjadi AK3 atau semacamnya.
Koreksi pak Budhi, Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan biasa disebut SMKP tidak mencakup lingkungan, hanya K3 dan KO saja. Sila buka permen ESDM 38 2014.
thanks koreksinya mas Ihda Taftazani iya mas tadi aku ngak bisa buka data di laptop berhubung kmrn salah utak atik hardisk jadi terhapus semua data sedih juga yang aku ingat ada sosialisai SMK3 pertambangan yang baru di tahun ini cuma ngak tahu kalau tidak dimasukkan lingkungan disana. sekali lagi matur nuwun mas. SALAM K3
Budhi Setiyawan terimakasih pak pencerahanya . Soalnya saya ada friend yang mengatakan bahwa di pt pama persada seorang safety wajib harus mempunyai sertifikasi pop, sedngkan pop merupakan pengawas yang ada di produksi.
Ya itulah dunia kerja mas kadang permintaan bertolak belakang dgn peraturan yg ada. Sekedar share aja dulu waktu saya ambil pop pengajuannya hampir 3 bln lebih dgn berulang ulang revisi data berkaitan dgn background pengalaman akhirnya saya rubah pengawas lapangan baru bisa dan di awal trainingpun ditekankab bahwa jika anda seorang safety anda salah kamar dgn mengikuti training ini hehehehehe walau kenyataan didlm kelas banyak juga yg punya background safety.susahnya jg penyelenggaranya cuma dari diklat minerba bandung sudah gitu cuma ada 6 angkatan per thn jadi bersaing u masuk dan harus ada surat pengantar resmi dari perusahaan.
Waduh iya pak bud ?
Kalo itu berat pak pa lagi jga prusahaan sya msih seumur jadi . Ini aja masih mau ke pra pop ..
Pak bud ada saran lainkah Untuk menujang Carrie kita sebagai hse dalam hal certifications
Kalau saran saya fokuskan dulu mau terjun ke dunia apa sbg hse soalnya semua pasti punya sertifikasi sendiri sendir. Mau Migas ambil ak3 migal di cepu, mau pertambang ambil pop di minerb, bndung, kontruksi ada jg k3 kontruksi, mau berkarir di LN Ambil NEBOSH, dll mas stlh fokus akan lbg enak menentukan arah cari pengalaman kalau rejeki mah sudah ada yg mengatur tinggal kita harus berusaha untuk mewujudkan. Ngak ada istilah perusahaan seumur jagung asal ada surat resmi dari perusahaan aja bisa kok ajukan u daftar. Punya email?
Saat ini diklat POP bisa dikerjakan pihak ketiga pak, jadi jika cuma diklat POP saja masih aman.
Untuk uji POP hanya KTT yang bisa mengajukan. Saat ini umumnya KTT akan mengumpulkan peserta uji POP dari beberapa perusahaan. Tinggal dipaskan jadwalnya antara LSP Geologi, IT dan assessor APKPI.
Saya pernah denger juga sih mas Ihda Taftazani cuma blm tahu sudah berlaku apa belum kmrn saya punya temen sptnya menurut saya ketipu soalnya dijanjikan diklat POP Tp ternyata cuma pra POP diminta id pengenal ngak ada sertifikat jg bukan dari minerba tp dari penyelenggara. Cuma ngomongnya ke peserta diklat pop bukan pra pop. Makasih mas atas tambahan infonya.

Jika ada lembaga yang nawarin diklat POP nyambung dengan uji POP, harus diperiksa lebih cermat. Kecuali PTMB Bandung yak.
Karena hanya KTT yang bisa minta uji POP. Lembaga pelatihan hanya melakukan diklat tanpa uji POP


  • Budhi Setiyawan PTMB tuh apa ya mas Ihda Taftazani?
  • Ihda Taftazani Pusat Pendidikan dan Pelatihan Mineral dan Batubara, kayaknya dulu ada kata ‘teknik’nya, maka lebih dikenal PTMB Bandung. Kantornya LSP Geologi.

Wawan Gopal

Diklat pengelolaan keselamatan Pertambangan belum jadi kompetensi mas Budhi Setiyawan dan dimulai tahun 2014, saya waktu itu ikut bulan agustus 2014. Kalau soal SMKP saya ada nulis di blog saya mas, atau search aja di google tentang sistem manajemen keselamatan pertambangan.


Sony Hw Prakoso

Harusnya kagak, kan di kepmen sudah jelas bukan pengawas….tp sayang terkadang lowongan sering dibuat syarat.

Hingga saat ini belum ada lembaga pelatihan yg diberi lisensi oleh Dirjen pertambangan umum utk melatih – menguji dan mengeluarkan sertifikat POP – POM maupun POU. Lembaga pelatihan hanya diberi lisensi utk pelatihan ( umumnya dinamakan pra POP ) sedang pengujian dan sertikat dilakukan olah dirjen pertambangan.


Deprio Pratama's photo.Deprio Pratama kl POP untuk pengawas operasional,, kl hse k3 umum


Apabila ada tambahan lain dari rekan-rekan HSE, langsung tuliskan pendapat Rekan pada kolom komentar di bawah laman web ini.

 Sumber Forum: HSE Indonesia in FB

Tags: Pelatihan POP, Training POP, Pembekalan Pengawas Operasional Pertama (POP), Training Pengawas Operasional Pertama POP Pertambangan, K3 Pertambangan, AK3 Pertambangan, Ahli K3 Pertambangan

12296 Total Views 4 Views Today

Type U'r Comments | Ketik Komentar Anda

comments

468 ad

1 Comment

  1. Semua yang disebutkan oleh bapak-bapak di atas benar adanya. Namun memang sangat disayangkan selama ini sebuah peraturan tidak dijelaskan secara lengkap. Karena 2 minggu ini saya sendiri benar-benar mencoba mendalami SMKP karena kebutuhan cabang kami di area mining dan agak bingung juga mana poin yang harus dipenuhi dan mana yg tidak harus dipenuhi.

    Reply

Leave a Reply

error: Content is protected !!