Belum Groundbreaking, Ini Alasan Tol Trans Sumatera Hanya Diluncurkan

Jakarta -Pekan depan Pemerintah hanya akan meluncurkan proyek Tol Trans Sumatera. Dari 23 ruas tol sepanjang 2.600 Km, ruas Medan-Binjai adalah yang pertama kali akan diluncurkan.

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto menuturkan alasan kenapa tol Trans Sumatera masih sebatas peluncuran, bukan groundbreaking atau peletakkan batu pertama konstruksi pembangunan. Menurutnya, ada proses administrasi yang panjang harus dilalui oleh PT Hutama Karya (HK) sebagai BUMN yang menggarap tol. HK merupakan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang ditunjuk oleh pemerintah tanpa tender. Selain itu, sebagai BUJT maka HK bukan sebagai kontraktor.


“HK Sebagai Badan usaha jalan tol. HK Harus teken PPJT (Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol) dengan BPJT (Badan Pengatur Jalan Tol), teken kontrak,” ujarnya di kantor Kemenko, Jakarta, Kamis (2/10/2014).

Kemudian HK juga harus mendapatkan kepastian pembiayaan dari perbankan. Dilanjutkan dengan kerjasama dengan kontraktor yang menjadi mitra pembangunan tol tersebut.

“Jadi agak lama. Kalau groundbreaking itu dilakukan jika pemborongnya (kontraktornya) sudah ada,” sebutnya.

Djoko menilai proyek ini akan berjalan, karena sudah ditugaskan melalui Peraturan Presiden (Perpres).

“Jadi kalau kepastian dibangun sudah ada. Kan sudah ada Perpres. Untuk groundbreaking harus menunggu tender kontraktor, karena ini belum maka dicanangkan dulu,” papar Djoko.

Bila berjalan normal, ia memperkirakan tahun depan sudah bisa groundbreaking. Tentunya oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK).

“Tahun depan saya rasa bisa groundbreaking. Kalau tahun ini mungkin tidak,” tegasnya.

 

Sumber : financial.detik.com

 

Tags: jadwal pelatihan ahli k3 umum, pelatihan ahli k3 umum 2010, pelatihan ahli k3 umum 3 15 agustus, pelatihan ahli k3 umum 3 2009, training ahli k3 umum 2011, kursus ahli k3 umum, training ahli k3 listrik, training ak3 umum 2010, ( pelatihan ahli k3 umum kemenakertrans ) ( pelatihan ahli k3 umum kemenakertrans ) ( pelatihan ahli k3 umum kemenakertrans )

1733 Total Views 2 Views Today

Type U'r Comments | Ketik Komentar Anda

comments

468 ad

Leave a Reply

error: Content is protected !!