Accident Cost Analysis

accident-cost-analysis, crash costs are measured in dollars and in, cost of accidents in the workplace, average cost of a car accident, accident cost calculator, the economic and societal impact of motor vehicle crashes, direct and indirect cost of accidents,

Accident Cost Analysis,

DH,

Adakah rekan-rekan yang pernah melakukan accident cost analysis dan mau berbagi? Saat ini beberapa rekan kami sedang mengembangkan biz case dengan mengambil accident cost analysis sebagai project. Jika ada, dengan case lain juga, dengan senang hati kami ingin diskusi dan menimba ilmu. Terima kasih.

Salam,

Yulian


J:

Mas Yulian Rizki,
Setidaknya bisa dilakukan dengan 2 pendekatan dibawah jika yang dimaksud perhitungan utk klaim cost of incident yang menyebabkan kerusakan fasilitas :
1. Memakai nilai dalam risk matrix perusahaan jika risk matrix perusahaan sudah ada nilai financial/cost impact baik yang mungkin dibedakan dalam risk matrix proyek (capex & opex) ataupun risk matrix operasi ataupun risk matrix enterprise risk-nya. Caranya adalah menetapkan worst case incident yang dapat terjadi sebagai severity dikalikan probability kejadian tersebut dapat terjadi.
2. Sementara dalam beberapa perusahaan top Oil & Gas, cost of incident didapatkan dengan menjumlahkan hal sbb:
Revenue impact + Expense Impact + Incremental Capital Impact
Revenue impact : number of production loss x product price
Expense impact : repair or replacement cost terhadap fasilitas yang rusak
Incremental Impact : Additional cost implemented after incident (biaya yang diperlukan jika upgrade diperlukan diluar repair dan replacement cost)
Catatan jika terjadi korban jiwa maka expense terhadap klaim asuransi jiwa dan biaya yang mesti dibayarkan sesuai perjanjian kerja dengan karyawan dapat dibebankan ke dalam hitungan terpisah dari kerugian fasilitas dengan contoh perhitungan di atas dan klaim asuransi fasilitas (termasuk additional fee after re-start up) juga dihitung terpisah dari diatas. Termasuk juga jika ada penalti atau denda akibat pelanggaran hukum di hitung di luar pendekatan cost di atas.
Pemisahan cost of incident dari segi kerusakan fasilitas dengan klaim asuransi (jiwa & fasilitas) dan penalti & denda dari pelanggaran hukum ini dimaksudkan agar mudah jika ingin dibuat lesson learn nya kelak dan mudah juga dilihat dari kacamata hukum bila perusahaan juga terkena penalti dan denda.
Semoga membantu.
Saya harap kawan-kawan yang lain juga bisa share yang mungkin punya pengalaman berbeda dengan saya.
Terimakasih.
Salam,

AAL


J:

Selamat pagi cak Alvin,

Terima kasih atas responsenya. Menarik sekali sharing ilmu dari oil dan gas krn memasukkan risk matrix di awal serta memisahkan denda dan penalty.
Terkait dengan apa yang disampaikan cak Alvin nampaknya terkait dengan direct cost. Adakah cak Alvin dan rekan2 lain punya pengalaman terkait dengan yang indirect/intangible?
Selanjutnya apakah yang dimaksud fee after re start up itu hanya related dengan machine? Ataukah maksudnya fee pada saat return to work?

Terima kasih,

Yulian


3640 Total Views 4 Views Today

Type U'r Comments | Ketik Komentar Anda

comments

468 ad

Leave a Reply

error: Content is protected !!